Cara Dan Pola Penilaian Penilaian Di Forum Tk Atau Paud

 disini !! 

Cara-cara penilaian di atas dilaksanakan selama proses pembelajaran berjalan dan terintegrasi dengan tata cara pembelajaran.



2. Alat Penilaian

    Alat penilaian yang digunakan yakni :

    a. SKH (Satuan Kegiatan Harian )

    b. Format catatan anekdot (anecdotal record)

    c. Catatan hasil Karya Anak

Alat Penilaian sanggup juga menggunakan aplikasi yang tersedia di Internet dan android : 
Misalnya pada link berikut ini :
https://play.google.com/store/apps/details?id=id.shovi.penilaianpaud&hl=in
https://pauddikmassumut.kemdikbud.go.id/apena/admin/web/index.php?r=site%2Flogin
https://tamam.edunamika.com/aplikasi-raport-untuk-tk-paud/


3. Prosedur Penilaian

a. Guru mengerjakan penilaian dengan mengacu pada kesanggupan (indikator) yang akan diraih dalam satu satuan kegiatan yang dijadwalkan dalam tahapan waktu tertentu dengan memperhatikan prinsip penilaian yang sudah ditentukan. Penilaian dilaksanakan seiring dengan kegiatan pembelajaran. Guru tidak secara khusus mengerjakan penilaian, tapi saat pembelajaran dan kegiatan bermain berlangsung, guru sanggup sekaligus mengerjakan penilaian. Dalam pelaksanaan penilaian sehari-hari, guru menganggap kesanggupan (indikator) semua anak yang akan diraih seumpama yang sudah diprogramkan dalam satuan kegiatan harian (SKH).

b. Cara pencatatan hasil penilaian harian dilaksanakan selaku berikut:
    1). Catatlah hasil penilaian pada kolom penilaian kemajuan anak dalam Satuan Kegiatan Harian (SKH).

   2). Anak yang belum meraih indikator seumpama dibutuhkan dalam SKH atau dalam mengerjakan kiprah senantiasa dibantu guru, maka pada kolom penilaian dituliskan nama anak dan diberi tanda bulatan kosong (0).

   3). Anak yang sudah melampaui indikator yang tertuang dalam SKH atau bisa mengerjakan kiprah tanpa pertolongan secara tepat/cepat/ lengkap/benar, maka pada kolom penilaian dituliskan nama anak dan tanda bulatan sarat (●).

4). Jika semua anak menyodorkan kesanggupan sesuai dengan indikator yang tertuang dalam SKH, maka pada kolom penilaian dituliskan kata ”semua anak” dengan tanda cheklist (√) misal : semua anak √.

   3. Hasil catatan penilaian yang ada dalam satuan kegiatan harian (SKH) dirangkum dan dipindahkan ke dalam format rangkuman penilaian kemajuan anak didik TK.

a. Apabila hasil penilaian pada kemajuan anak dalam 1 bulan pada SKH lebih condong menemukan bulatan sarat maka karenanya akan dipindahkan bulatan sarat pada rangkuman bulanan dengan senantiasa memperhatikan proses pergantian sikap dan kesanggupan dalam pembelajaran.

Contoh :


√ √
√ √
√ 

b. Apabila hasil penilaian pada kemajuan anak dalam 1 bulan pada SKH lebih condong menemukan bulatan kosong maka karenanya akan dipindahkan bulatan kosong pada rangkuman bulanan.

Contoh :

√ 
√ √ 
√ 
√ √ 

c. Apabila hasil penilaian pada kemajuan anak dalam 1 bulan pada SKH lebih condong sebanding perolehan bulatan sarat dan bulatan kosong maka karenanya berupa tanda ceklist (√) yang kemudian dipindahkan ke rangkuman bulanan.

Contoh :
√ √ √ √ √
√ √ √ √
√ √ √
√ √ √
√ √ √
√ √

√ 
√ 


Keterangan :

√ / 
} Ketika guru menyimpulkan hasil final setiap bulan, hendaknya menyaksikan catatan anekdot 
/ √

d. Data dari buku rangkuman selama satu semester dianalisis dan ditarik kesimpulan untuk menetapkan citra kemajuan anak yang dideskripsikan ke dalam laporan penilaian.

Catatan:
• Hasil catatan penilaian yang ada dalam Satuan Kegiatan Harian (SKH) di rangkum dan dipindahkan ke dalam satu format rangkuman penilaian yang meliputi bulanan dan semester.

• Untuk menyodorkan ketercapaian indikator, selain menggunakan simbol bulatan penuh,kosong dan ceklist, guru sanggup menggunakan simbol lain seumpama simbol bintang ( = o, = √, = ●)

• Contoh format rangkuman penilaian kemajuan anak didik Taman Kanak-kanak kalangan A dan B sanggup dilihat pada lampiran 8.


B. Penilaian dengan Menggunakan Portfolio


1. Cara Penilaian 

Dalam mengerjakan penilaian dengan portfolio guru sanggup menggunakan cara penilaian berupa : 

Observasi,Catatan anekdot (anecdotal record), Percakapan, penugasan unjukkerja, disamping itu juga kumpulan hasil karya anak. 

Penilaian dilaksanakan selama proses pembelajaran berjalan tapi menggunakan format/ alat penilaian tersendiri. Guru mesti mengisi format sesuai dengan SKH yang diprogramkan.

 menyatakan bahwa pendidikan nasional berniat untuk berbagi potensi akseptor didik  CARA DAN ACUAN EVALUASI PENILAIAN DI LEMBAGA Taman Kanak-kanak ATAU PAUD



2. Alat Penilaian 

Alat penilaian portfolio sanggup menggunakan format-format selaku berikut:

a. Format pengamatan (lampiran 2)
b. Format catatan anekdot (lampiran 3)
c. Format percakapan ( lampiran 4)
d. Format penugasan ( lampiran 5)
e. Format unjuk kerja ( lampiran 6)

Penilaian sanggup juga menggunakan aplikasi yang tersedia di Internet dan android : 
Misalnya pada link berikut ini :
https://play.google.com/store/apps/details?id=id.shovi.penilaianpaud&hl=in
https://pauddikmassumut.kemdikbud.go.id/apena/admin/web/index.php?r=site%2Flogin
https://tamam.edunamika.com/aplikasi-raport-untuk-tk-paud/


3. Prosedur Penilaian 

a. Guru menyaksikan SKH yang dibentuk dalam satu hari pembelajaran.
b. Guru mengklasifikasi kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan di kelas.
Contoh : percakapan, penugasan, unjuk kerja dan lain-lain.
c. Guru menyiapkan format-format penilaian sesuai dengan kegiatan-kegiatan pembelajaran dalam SKH . 

d. Dalam merencanakan format penilaian guru menyeleksi waktu, kegiatan pembelajaran dan faktor yang dinilai.
e. Guru menuliskan hasil penilaian ke dalam format-format penilaian.
f. Setiap hasil karya anak dideskripsikan oleh guru pada lembar hasil karyanya.
g. Guru mendokumentasikan, menganalisis dan menyimpulkan hasil penilaian berikut aneka macam deskripsi hasil karya anak didik ke dalam format rangkuman penilaian ( lampiran 7)

Setelah satu semester guru merangkum hasil penilaian kemajuan anak secara keseluruhan kemudian dinarasikan dan dituangkan ke dalam BLP (Buku Laporan Perkembangan Anak).


C. Penilaian Gabungan 

Penilaian ini ialah adonan antara penilaian yang menggunakan simbol dan portfolio. Sedangkan cara, alat, dan mekanisme penilaian sesuai dengan klarifikasi di atas. 



PELAPORAN HASIL PENILAIAN

A. Pengertian

Pelaporan ialah kegiatan menyodorkan dan mengkomunikasikan hasil penilaian guru wacana kemajuan anak didik. 







B. Bentuk Pelaporan

Berdasarkan hasil rangkuman kemajuan anak didik setiap belahan waktu tertentu, penilaian dilaporkan dalam bentuk uraian (deskripsi) singkat dari masing-masing jadwal pengembangan di TK, yaitu:
1. Program pengembangan diri
2. Program pengembangan kesanggupan dasar
Uraian (deskripsi) dirumuskan dan dibentuk seobyektif mungkin sehingga tidak memunculkan penglihatan yang salah bagi orang tua/wali atau bagi yang berkepentingan dalam bentuk Laporan Perkembangan Anak Didik TK. Contoh uraian (deskripsi) dan bentuk pelaporan kemajuan anak didik Taman Kanak-kanak dihidangkan pada lampiran 9, 10, dan 11.




C. Pola Penulisan Laporan

Berdasarkan hasil penilaian guru wacana kemajuan anak selama satu semester maka pola pelaporan yang dituangkan ke dalam buku kemajuan anak didik Taman Kanak-kanak mengikuti patokan selaku berikut:
  1. Uraian kemajuan secara umum.
  2. Uraian kemajuan kesanggupan anak yang menonjol atau lebih pada semua faktor perkembangan.
  3. Uraian kemajuan kesanggupan anak yang masih perlu ditingkatkan pada faktor kemajuan anak.

D. Teknik Melaporkan Hasil Penilaian

Laporan Perkembangan Anak Didik Taman Kanak-kanak dilaporkan oleh kepala/guru Taman Kanak-kanak secara mulut dan tertulis. Cara yang ditempuh sanggup dilaksanakan dengan bertatap wajah serta dimungkinkan adanya relasi dan keterangan timbal balik antara pihak Taman Kanak-kanak dan orang tua/wali. Hal yang perlu dikenang dalam pelaksanaan kegiatan ini hendaknya mempertahankan kerahasiaan data atau informasi, artinya bahwa data atau keterangan wacana anak didik cuma diinformasikan dan dibicarakan dengan orang tua/wali anak didik yang bersangkutan atau tenaga andal dalam rangka panduan selanjutnya. 


Penilaian ialah kegiatan yang mesti dilaksanakan oleh guru dalam proses pembelajaran, alasannya yakni lewat penilaian guru sanggup mengenali kemajuan anak secara keseluruhan dan berkesinambungan. Melalui penilaian ini guru mendapat umpan balik untuk menyempurnakan proses pembelajaran berikutnya. 

Pedoman ini disusun untuk dijadikan pola bagi para guru dan penyelenggara pendidikan dalam mengerjakan penilaian pendidikan di TK. Dengan mengerjakan penilaian secara benar sesuai prinsip-prinsip penilaian, dibutuhkan anak didik sanggup meningkat seoptimal mungkin sehingga kualitas pendidikan di Taman Kanak-kanak lebih meningkat. Dalam pelaksanaannya guru sanggup berbagi penilaian sesuai dengan kemampuan, keperluan dan keadaan wilayah masing-masing.


Sumber :  Bahan Materi diklat Guru Taman Kanak-kanak Paud Tahun 2012

Post a Comment

0 Comments