Kegiatan Pembelajaran Paud Tema Air Udara Berbasis Home Learning (Judul Kegiatan: Karam Atau Mengapung Di Air)

PAUD-Anakbermainbelajar----Seperti kita pahami bareng Pandemi Covid-19 membuat acara pembelajaran di forum PAUD mesti dijalankan di rumah. Kegiatan pembelajaran di rumah, yang disebut juga berguru Berbasis Home Learning dijalankan sepanjang masih terjadinya Pandemi Covid-19. Ada beberapa tempat yang sudah memperpanjang acara berguru di rumah bagi sekolah-sekolah yang tergolong dalam Zona Merah Covid-19. Semakin panjangnya masa acara home learning pastinya menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah dan komponen yang terkait di dalamnya untuk menjalankan pembelajaran jarak jauh. Karena pembelajaran jarak jauh memerlukan banyak sekali macam pertimbangan. Salah satunya merupakan bagaimana bikin pembelajaran jarak jauh yang kreatif, inovatif dan inspiratif di tengah-tengah serba kekurangan dan persoalan alasannya merupakan pandemi covid-19 ini.

Dalam pembelajaran PAUD yang juga berbasis tematik, perlu menjalankan acara pembelajaran yang cocok dengan tema dan tahap pertumbuhan anak usia dini secara berdikari di rumah bareng orang renta dan keluarga. Setelah acara pembelajaran dengan tema tertentu selesai, maka perlu dipersiapkan juga pembelajaran berbasis home learning  memasuki tema dan penilaian selanjutnya, hal ini pastinya perlu dijalankan penilaian untuk menyeleksi pencapaian pertumbuhan penerima didik. Kegiatan ini pun diinginkan pula tugas banyak sekali komponen khususnya sekali para guru, orang renta dan media pembelajaran untuk mendukung acara pembelajaran BERBASIS HOME LEARNING. Salah satu cara yang sanggup dijalankan guru dan pendidik merupakan membagikan soal atau bahan acara pada penerima didik dengan mempergunakan media komunikasi dan media sosial, seperti; Facebook, WhatsApp, Email dan lainya.  Selanjutnya tugas orang renta dan anaklah yang menyeleksi kelangsungan proses pembelajaran itu di rumah. 

Seperti kita pahami bareng  Pandemi Covid KEGIATAN PEMBELAJARAN PAUD TEMA AIR UDARA BERBASIS HOME LEARNING (Judul Kegiatan: Tenggelam atau Mengapung di Air)

Berikut ini PAUD-Anakbermainbelajar, menjajal membagikan contoh pembelajaran atau bahan acara pada PEMBELAJARAN PAUD TEMA AIR UDARA BERBASIS HOME LEARNING (Judul Kegiatan: Tenggelam atau Mengapung di Air) yang BERBASIS HOME LEARNING, Seperti berikut ini:

Tema: Air dan Udara
Judul Kegiatan : Tenggelam atau Mengapung di Air

A. Alat yang digunakan :

1. Ember atau Baskom Besar


B. Bahan yang digunakan :

1. Air
2. Batu
3. Uang Koin/Logam
4. Botol Plastik Kecil
5. Pensil
6. Dan lain sebagainya (Benda lain yang ada di rumah)


C. Langkah-langkah acara Pembelajaran :

  • Berdoa sebelum menjalankan kegiatan.
  • Mengajak anak dengan dibantu orang renta menimba dan mengisi air dalam wadah baskom/ember yang sudah disediakan.
  • Mengajak anak merencanakan benda-benda yang mau dijadikan objek penelitian di air.
  • Meminta anak memasukan satu demi satu benda-benda ke dalam bejana yang sudah di isi air.
  • Meminta anak untuk mengamati dan mengucapkan posisi benda mengapung atau karam (berada dipermukaan air atau di bawah air di dasar baskom). 


D. Penutup Kegiatan.

1. Kesimpulan acara hari ini
2. Berdo'a

* * *


Demikianlah bunda dan ayah sekalian, mengenai PEMBELAJARAN PAUD dengan TEMA AIR UDARA BERBASIS HOME LEARNING dengan Judul Kegiatan: Tenggelam atau Mengapung di Air, yang BERBASIS HOME LEARNING. Semoga bermanfaat. Selamat berguru dan mengajar. Terimakasih.

Sumber Gambar : Koleksi Pribadi PAUD-Anakbermainbelajar      

Post a Comment

0 Comments