Pentingya Mengetahui Dan Mempelajari Bahasa Arahan Bayi

PAUD-Anakbermainbelajar----Memahami dan mempelajari bahasa instruksi bayi sangatlah penting, alasannya yaitu selain beberapa laba yang sanggup orang bau tanah dapatkan, juga sungguh berharga untuk mendukung berkembang kembang bayi kita. Bahasa instruksi bayi yaitu praktik penggunaan gerakan simbolis untuk menyebarkan interaksi ekspresi Anda dengan bayi Anda. Penggunaan gerakan simbolis ini bergotong-royong alami bagi setiap orang-misalnya, dikala bayi kita pertama kali mengangkat tangannya minta digendong atau minta susu, atau dikala ia mengarahkan tangannya pada sesuatu untuk minta ambilkan dan kita secepatnya melihatnya. 

Memahami dan mempelajari bahasa instruksi bayi sangatlah penting PENTINGYA MEMAHAMI DAN MEMPELAJARI BAHASA ISYARAT BAYI


Bukan cuma alami saja, tetapi memang nyaris sulit dipercayai untuk tidak melakukannya-maksud saya, coba bayangkan jika Anda mesti mengatakan arah tanpa memakai tangan Anda! Mungkin Anda mesti menduduki tangan Anda sendiri agar tidak bergerak menunjuk arah, dan mungkin malah kepala atau tubuh Anda yang bergerak ke arah yang ingin Anda tunjukkan, umpamanya jika anda ingin menandakan jalan atau kawasan terhadap seseorang baik kearah kekiri atau kekanan. Sama halnya jika Anda memakai gerakan tertentu untuk menekankan suatu kata dikala berinteraksi dengan bayi Anda, maka ia akan berguru memakai gerakan yang sama, jadi komunikasi akan berlangsung lebih baik. 

Jika kita mengatakan wacana bahasa Isyarat bayi, yang dipakai selaku teladan pastinya yaitu bahasa instruksi yang sudah dirumuskan dari hasil pengkajian dan observasi panjang. bahasa Isyarat bayi yang dianjurkan yaitu bahasa instruksi dari American Sign Language (ASL)., kita akan memakai bahasa instruksi ASL selaku gerakan simbolis kita. Memang dimungkinkan untuk men- ciptakan dan memakai instruksi lain, tetapi saya rasa ASL yaitu opsi yang lebih baik untuk beberapa alasan. Pertama, jika Anda ingin mengajarkan sesuatu terhadap bayi Anda, mengapa Anda tidak mengajarkan sesuatu yang sanggup berkhasiat seumur hidupnya, ketimbang mesti mengajarkan sesuatu yang tidak akan berkhasiat lagi dikala ia sudah sanggup berbicara? Pada suatu kasus, ada seorang anak usia dua tahun, yang berjulukan Sirena, Sirena sudah sanggup memakai bahasa isyaratnya untuk berkomunikasi dengan ibu yang tunarungu dan anaknya yang berbahasa instruksi juga. Sirena juga sanggup berkomunikasi dengan orang pandai balig cukup akal yang menderita keterbelakangan mental (Down's Syndrome) yang juga memakai sedikit bahasa isyarat. 

Alasan lain mengapa kita lebih baik memakai ASL. yaitu banyaknya sumber pengajaran yang tersedia. Begitu bayi Anda secara intensif berbahasa isyarat, ia akan menggunakannya dalam semua hal, sehingga Anda niscaya memerlukan lebih dari cuma 60 bahasa instruksi yang ada di buku ini. Anda sanggup membuka kamus ASL, yang ASL, di mana bahasa isyaratnya tidak cuma sanggup dilihat oleh anak, tetapi juga sanggup berfungsi selaku "contekan" bagi para orangtua dikala membaca dan mengisyaratkan dongeng di dalam buku itu terhadap anak. 

Terakhir yang juga penting adalah, ASL semakin marak dipakai dalam aktivitas pengasuhan anak dan TK. Mengguna- kan bahasa instruksi terhadap bayi dan balita menurunkan tingkat sikap agresif, antara lain menghantam dan menggigit. Bahasa instruksi yaitu "jembatan komunikasi" yang fantastis di antara anak- anak dari latar belakang bahasa yang berbeda; dan instruksi Juga sungguh menolong dalam mengikutsertakan anak yang berisikan ribuan bahasa isyarat, serta buku-buku anak memiliki keperluan istimewa dengan teman-teman sebayanya. Bayangkan jika anda sanggup menyaksikan anak anda berbahasa instruksi dengan temannya yang memiliki kesusahan telinga (tuna rungu)! Ada banyak laba dan banyak sekali tingkatan di sini.

Dalam suatu observasi yang dibiayai oleh National Institutes of health, Drs. Linda Acredolo dan Susan Goodwyn mendapatkan banyak sekali laba jangka pendek dan jangka panjang dalam berkomunikasi denga bayi yang sanggup kita pahami secara langsung. Dari observasi tersebut didapat kesimpulan bahawa memakai bahasa instruksi bayi memiliki beberapa laba antara lain :
  1. Berbahasa instruksi sanggup mendorong bayi untuk berkomunikasi lebih permulaan dalam hidupnya.
  2. Bahasa instruksi sanggup mengembangkan rasa pecaya diri bayi dan orang tua
  3. Bahasa instruksi menghemat rasa putus asa dari orangtua dan juga bayi
  4. Bahasa instruksi mengembangkan kemampuan berbahasa
  5. Bahasa instruksi memperkuat ikatan dan memperkaya interaksi orangtua/anak
  6. Berbahasa instruksi menawarkan jalan menuju anggapan dan kepribadian anak anda
  7. Berbahasa instruksi menghasilkan anda sanggup menyaksikan betapa cerdasnya bayi anda
  8. Berbahasa instruksi sanggup mengembangkan kecerdasan dan IQ anak.


Dalam proses pertumbuhan jaringan otak (Sinapsis) aktivitas berbahasa isyarat, juga berperan besar menstimulus kekuatan pertumbuhan jaringan otak. Impuls-impuls faktual yang datang mendorong terbangunnya efektifivitas kecerdasan secara intens pada bayi dan balita.

Demikianlah wacana pentingnya mengerti bahasa instruksi bayi untuk orang bau tanah dan pendidik PAUD, biar bermanfaat.


Sumber: dirangkum dan diterjemahkan dari buku Baby Sign Languange Basic- Monta z. Briant.

Post a Comment

0 Comments