Lebih Teliti Pilih Jasa Pengiriman Barang Antar Negara, Perhatikan 5 Poin ini

Pengiriman barang ke luar negeri membutuhkan bantuan dari ekspedisi tertentu. Bagi sebagian orang, mengandalkan jasa kirim barang dianggap mampu mempermudah proses pengiriman. Selain prosesnya jadi lebih cepat, berbagai masalah yang jadi risiko mengirim barang ke luar negeri pun bisa dihindari. Contohnya, bila ingin kirim produk untuk dijual atau dikirim kepada konsumen di luar sana.


Biasanya masalah yang sangat umum berhubungan dengan tarif pajak yang berdasarkan nilai barang. Pihak penyedia jasa pun bisa ikut bantu mengurusnya, sehingga tarif yang dikenakan bisa diminimalisir. Jika Anda ingin menggunakan layanan dari jasa pengiriman barang, terdapat banyak hal yang harus lebih dulu diperhatikan.

Memilih Jasa Pengiriman Barang yang Terpercaya

Penting sekali mengutamakan kualitas layanan dibandingkan terpatok harga murah. Karena banyak sekali kejadian seputar kirim barang ke luar negeri malah mendatangkan kerugian yang disebabkan pihak jasa terkait.

1.     Cari Informasi Sebanyak-Banyaknya

Langkah paling awal ialah dengan cari informasi sebanyak-banyaknya seputar ekspedisi atau pihak penyedia jasa. Di zaman yang serba digital ini akan sangat mudah menemukan informasi mengenai produk, baik produk barang, maupun produk jasa. Biasanya ada saja yang membuat review mengenai produk yang digunakan. Termasuk produk jasa mengirim barang dari dan ke luar negeri.

Anda bisa memanfaatkan konten-konten berisikan informasi tersebut sebagai bahan pertimbangan. Sebagian penyedia layanan kirim barang memiliki akun media sosial atau website resmi. Di sini Anda bisa lebih banyak mendapat informasi.

2.     Perhatikan Layanan yang Ditawarkan

Sudah menentukan beberapa pilihan perusahaan atau tempat jasa kirim barang yang menurut Anda cukup menarik? Saatnya lebih teliti dan memperhatikan berbagai layanan yang menjadi kelebihan dari masing-masing perusahaan. Pada dasarnya bentuk layanan biasanya antara satu tempat jasa dengan lainnya hampir sama.

 

Hanya saja terkadang ada layanan-layanan tambahan yang menjadi produk unggulan . Misalnya adanya layanan door to door, atau dijemput dan diantar langsung. Begitu pun dengan layanan pengemasan agar barang aman sampai ke tempat tujuan.

3.     Pahami Sistem dan Mekanisme Pengiriman

Selanjutnya, Anda wajib mempelajari sistem dan mekanisme dalam proses pengiriman oleh masing-masing tempat pemberi layanan. Sistem atau pun mekanisme di sini bisa berbeda, tergantung bagaimana mereka merancang sistem mereka.

 

Jauh lebih bagus jika dalam sistem maupun mekanisme sudah dirincikan secara jelas dari awal. Misalnya sudah tertera pada website atau media sosial milik mereka. Sehingga Anda sudah lebih dulu memiliki bayangan mengenai nantinya barang kiriman akan dikirim melalui tahapan seperti apa saja.

4.     Tanyakan Rinciannya

Kemudian barulah hubungi pihak jasa untuk tanyakan lebih rinci seputar layanan yang mereka tawarkan. Apapun hal yang membuat Anda kurang mengerti atau bingung, coba tanyakan saja. Karena kegiatan kirim barang ke luar negeri bukan hal yang mudah dan bisa asal-asalan. Setiap negara memiliki peraturan dan kebijakan yang juga harus dipenuhi. Kalau tidak, kemungkinan barang dikembalikan, tertahan, atau bahkan hilang begitu saja bisa Anda alami.

5.     Hitung Biaya Tarif yang Dikenakan

Terakhir, pertimbangkan dan hitung besar biaya tarif yang mereka berikan pada paket atau barang kiriman Anda. Coba bandingkan dengan tempat jasa lainnya. Pilih yang harganya sesuai dengan budget, disertai layanan yang bisa dipercaya dan memenuhi kebutuhan Anda.

Pastikan jasa kirim barang pilihan Anda bisa menjamin paket selamat sampai tujuan. Bila terjadi kesalahan pun, mereka bisa bantu menyelesaikannya tanpa mendatangkan banyak kerugian bagi Anda sebagai pengirim barang.

Post a Comment

0 Comments