Berhati-hatilah Jika Tangki Bahan Bakar Mobil Kemasukan Air

Air memang memiliki manfaat untuk mendinginkan beberapa komponen mesin di dalam mobil. Namun, jika air tersebut masuk ke dalam tangki bahan bakar, hal tersebut justru berbahaya. Pasalnya, air dapat menyebabkan mobil mogok bahkan membuatnya mati dan tidak bisa dinyalakan dalam waktu yang lama. Meski Anda membeli mobil bekas di Mocil berkualitas terbaik sekalipun, tapi jika air tersebut masuk tanpa sengaja ke dalam tangki bahan bakar maka bisa mengakibatkan beberapa hal, di antaranya:



1.       Performa mesin menurun

Kandungan air yang tersimpan di dalam tangki bahan bakar bisa mengurangi efisiensi pembakaran pada mesin mobil. Efeknya performa mesin akan menurun dan mobil pun menjadi lebih banyak mengonsumsi bahan bakar. Tak hanya itu saja, mesin mobil juga akan sering mati jika air yang tersimpan di dalam tangki tersebut sudah melampui jumlah bahan bakar mobil Anda. Dan kegagalan dalam pembakaran juga akan terjadi, untuk itu jangan sampai membiarkan tangki bahan bakar mobil Anda kemasukan air.

2.       Keluar uap dari knalpot mobil

Apabila air yang masuk ke dalam tangki bahan bakar belum terlalu banyak, biasanya akan mengeluarkan uap pada saat terjadi pembakaran di dalam mesin mobil. Uap yang terbentuk ini nantinya keluar dari knalpot mobil membentuk gumpalan. Jika uap ini dibiarkan begitu saja, maka lama-kelamaan bisa menyebabkan knalpot mobil berkarat dan merusak permukaan knalpot tersebut.

3.       Tangki bahan bakar menjadi berkarat

Yang paling fatal, tangki bahan bakar menjadi lebih mudah berkarat karena massa jenis air lebih berat dibanding bahan bakar sehingga membuatnya mengendap di dalam tangki bahan bakar. Ketika karat yang mengendap tersebut rontok, maka performa mesin mobil sekaligus penggunaan bahan bakar akan terkena dampaknya. Pembakaran pun menjadi terganggu karena itu jangan sampai biarkan air masuk ke dalamnya.

Sebagai bentuk pencegahan supaya air tidak masuk ke dalam tangki bahan bakar mobil Anda, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yakni:

-          Kuras tangki bahan bakar

Cara paling ampuh untuk mencegah masuknya air ke dalam tangki bahan bakar adalah mengurasnya secara rutin. Jika Anda tidak bisa melakukannya, sebaiknya bawalah mobil tersebut ke bengkel terdekat supaya nantinya montir bengkel membantu Anda menguras bahan bakar di dalam tangki.

-          Gunakan wealthy fuel conditioner

Jika Anda termasuk orang yang super sibuk dan tidak memiliki waktu membawa mobil ke bengkel, maka sebaiknya gunakan wealthy fuel conditioner. Anda hanya perlu menuangkan cairan ini ke dalam tangki bahan bakar sebanyak 1-2 botol. Diamkan selama beberapa saat supaya cairannya bekerja optimal menghilangkan air yang masuk ke dalam tangki bahan bakar.

Bagi Anda yang tidak mau mengalami mobil mogok atau mati secara tiba-tiba, maka jangan sampai membiarkan tangki bahan bakar kemasukan air dan rutinlah selalu merawatnya setiap hari agar performa mesin mobil tetap terjaga.

Semoga bermanfaat!

Post a Comment

0 Comments