Ketahui Fungsi dari Jurnal Keuangan Supaya Akurat dan Dapat Dipertanggungjawabkan

Jurnal keuangan merupakan tahap penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Biasanya, jurnal akan dibuat ketika siklus keuangan perusahaan telah selesai dibuat dalam beberapa periode tertentu. Nantinya, dalam jurnal akan tampak rekapan keuangan perusahaan apakah mengalami keuntungan ataupun kerugian. Dengan adanya jurnal, perusahaan pun menjadi tahu kondisi keuangannya. Melihat begitu pentingnya jurnal terhadap eksistensi suatu perusahaan, Anda pun juga berhak tahu apa saja fungsi adanya jurnal keuangan dalam suatu perusahaan.



Jurnal Memiliki Fungsi Pencatatan

Salah satu fungsi dari adanya jurnal perusahaan untuk mengetahui segala transaksi yang telah dilakukan oleh perusahaan. Tahu saja tidaklah cukup sehingga transaksi haruslah dicatat sesuai dengan dokumen yang sudah ada. Nantinya, jurnal akan mencatat segala transaksi yang telah dilakukan berdasarkan dokumen yang ada. Sehingga, perusahaan akan memiliki bukti yang akurat saat transaksi sudah dicatat di jurnal keuangan perusahaan.

Jurnal Memiliki Fungsi Historis

Historis tidak selalu dikaitkan dengan sejarah karena akutansi tentunya tak ada kaitannya dengan sejarah. Historis disini memiliki pengertian sesuai dengan urutan waktunya. Mungkin, Anda pernah belajar ilmu akutansi. Dalam menyusun laporan, transaksi akan dibuat sesuai dengan urutan waktunya. Begitupun dengan jurnal keuangan perusahaan yang memiliki fungsi historis. Jurnal keuangan dibuat sesuai dengan urutan waktu transaksi sehingga adanya urutan waktu tak akan membuat transaksi menjadi tertukar dengan transaksi yang lainnya.

Jurnal Memiliki Fungsi Analisis

Inilah salah satu alasan mengapa perusahaan membutuhkan akuntan yang handal dalam mengurusi laporan keuangan perusahaannya. Memang, hampir semua transaksi yang dilakukan oleh perusahaan pastilah ada bukti transaksinya. Tetapi jika penyusunan laporan tidak sesuai peletakannya. Bukti dokumen transaksi tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Seorang akuntan yang ingin mencatat transaksi perusahaan sebelumnya akan menganalisis terlebih dahulu, transaksi yang dilakukan akan dimasukkan dalam debet atau kredit. Penentuan debet dan kredit juga butuh pemahaman dan tidak boleh asal karena akan menentukan untung atau rugi perusahaan.

Jurnal Memiliki Fungsi Instruktif

Seorang akuntan yang sedang mengerjakan jurnal perusahaan juga telah menerapkan fungsi instruktif. Ketika akuntan disodorkan dengan segudang bukti transaksi, maka secara tidak langsung, akuntan seperti mendapatkan perintah untuk memindahkan transaksi baik itu debet atau kredit dalam buku besar. Kesalahan pemindahan transaksi tentunya akan berakibat fatal terhadap laporan keuangan perusahaan. Bisa jadi, kesalahan pemindahan malah disangkakan sebagai penggelapan dana perusahaan. Maka dari itu, akuntan haruslah bisa melaksanakan fungsi jurnal dengan sebaik baiknya.

Jurnal Memiliki Fungsi Informatif

Sebenarnya fungsi jurnal yang satu ini dapat dibilang sebagai fungsi mendasar dari jurnal keuangan perusahaan. Saat Anda melihat jurnal suatu perusahaan, maka Anda bisa tahu apa saja transaksi yang telah dilakukan oleh perusahaan selama ini. Tak heran, jika seorang akuntan handal menengok suatu jurnal, mereka akan bisa tahu sebuah transaksi tersebut bisa dipertanggungjawabkan atau tidak. Saat dirasa ada kejanggalan dalam transaksi, pihak akuntan akan segera melaporkannya pada pihak perusahaan.

Bagi Anda yang paham akan akuntansi, fungsi dari jurnal keuangan mungkin dapat dicerna dengan baik dan ketika Anda diminta untuk membuat, Anda pun akan dengan mudah melakukannya. Tetapi, jika Anda merasa ragu membuat jurnal keuangan perusahaan karena khawatir salah, Anda bisa menggunakan aplikasi buku warung sebagai solusi buat jurnal perusahaan. Aplikasi ini siap membantu Anda membuat jurnal keuangan perusahaan yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Deskripsi: jurnal keuangan perusahaan setidaknya memiliki beberapa fungsi seperti fungsi pencatatan, historis, analisis, instruktif dan informatif.

Post a Comment

0 Comments